Penyebab Kemacetan Lalu Lintas Di Indonesia

Penyebab Kemacetan Lalu Lintas Di Indonesia
  foto by tribratanews




Penyebab Kemacetan Lalu Lintas Di Indonesia

Tentunya, anda menginginkan bepergian dengan kondisi jalan yang aman dan nyaman. Jika anda berpikir demikian berarti anda masih manusiawi. Faktanya, kemacetan berlalu lintas adalah sesuatu hal yang paling dihindari oleh semua orang, termasuk anda, dan saya juga tentunya.

Semua orang mungkin bisa bersabar menghadapi kemacetan lalu lintas. Saya yakin dalam hati anda pun ada kesabaran itu. Namun yang menjadi permasalahan adalah tidak semua orang mampu menahan kesabaran dalam rentang waktu yang sama. Anda mungkin bisa menahan sabar selama setengah jam, mungkin saya bisa lebih lama dari anda atau, orang dibelakang kendaraan anda punya juga kesabaran namun tidak bisa lama seperti saya dan anda.

Kemacetan merupakan musuh kita bersama, itu perlu kita sepakati antara saya dan anda yang sedang membaca blog jalankepo. Oleh sebab itu anda dan saya juga harus memerangi musuh kita ini dengan cara yang lebih smart.

Jika kita ingin menyelesaikan permasalahan kemacetan lalu lintas di Indonesia sebaiknya kita kumpulkan pemikiran bersama terlebih dahulu dalam memecahkan permasalahan kemacetan lalu lintas di Indonesia. Namun sebelum kita ngobrolin tentang penyebab kemacetan di indonesia ini sebaiknya kita sepakati dulu pengertian dari kemacetan lalu lintas.

Menurut Wikipedia: Kemacetan adalah situasi atau keadaan tersendatnya atau bahkan terhentinya lalu lintas yang disebabkan oleh banyaknya jumlah kendaraan melebihi kapasitas jalan. Kemacetan banyak terjadi di kota-kota besar, terutamanya yang tidak mempunyai transportasi publik yang baik atau memadai ataupun juga tidak seimbangnya kebutuhan jalan dengan kepadatan penduduk, misalnya Jakarta.

Oke, kita simpan dulu pengertian KEMACETAN menurut wikipedia di atas. Untuk memperkuat landasan teori atau kerangka berfikir kita, mustinya kita cari pengertian Kemacetan Lalu Lintas yang lebih spesifik dan teoritis.

Di dalam permasalahan yang senada, blognya ylxchandra.blogspot.co.id menjelaskan tentang pengertian lalu lintas menurut Undang-undang RI No.14 Tahun 1992 adalah gerak kendaraan, orang dan hewan di ruang lalu lintas jalan yang mempunyai pengertian prasarana yang diperuntukkan bagi gerak pindah kendaraan, orang dan atau barang yang berupa jalan dan fasilitas pendukung.

Nah dari dua pengertian diatas, dapat ditarik sebuah pengertian baru tentang kemacetan lalu lintas. Kemacetan lalu lintas adalah suatu kondisi dimana terjadi gangguan arus mobilitas yang mengakibatkan hambatan hingga terhentinya suatu pergerakan kendaraan di jalan. Monggo, pengertian saya dikritik bila memang ada perlu pembenahan yang lebih baik mengenai pengertian kemacetan lalu lintas ini.

Nah, apasajakah yang menyebabkan gangguan arus mobilitas sehingga menjadikan arus lalu lintas terhambat bahkan terhenti atau biasa disebut MACET TOTAL?

Banyak penyebab terjadinya kemacetan lalu lintas di Indonesia ini. Poin-poin berikut ini bisa jadi seiring dan sejalan dengan pemikiran anda mengenai penyebab Kemacetan Lalu Lintas di Indonesia.
  1. Arus kendaraan yang melewati jalan tersebut telah melampaui kapasitas jalan tersebut.
  2. Terjadinya kecelakaan lalu lintas di jalan tersebut sehingga menimbulkan rasa ingin tahu warga yang menyebabkan warga berkerumun memadati jalan atau kendaraan yang terlibat kecelakaan yang belum dibersihkan atau disingkirkan dari badan jalan.
  3. Terjadinya banjir yang merendam badan jalan sehingga para pengendara kendaraan memperlambat laju kendaraannya.
  4. Adanya perbaikan jalan.
  5. Kepanikan untuk mengevakuasi diri ke tempat yang lebih aman akibat peringatan akan terjadinya bencana alam seperti tsunami, tanah longsor, banjir dan lainnya.
  6.  Adanya bagian jalan yang rusak atau longsor.
  7. Ketidak tahuan masyarakat akan aturan lalu lintas.
  8. Parkir kendaraan yang tidak tertata baik atau tidak pada tempatnya.P
  9. Pasar tumpah yang secara tidak langsung memakan badan jalan sehingga pada akhirnya membuat sebuah antrian terhadap sejumlah kendaraan yang akan melewati area tersebut.
  10. Pengaturan lampu lalu lintas yang bersifat kaku yang tidak mengikuti tinggi rendahnya arus lalu lintas

10 penyebab terjadinya kemacetan lalu lintas di atas diambil dari makalah yang diposkan di blognya  ylxchandra.blogspot.co.id. Bukan hanya di blog tersebut, di blog lain juga menampilkan penyebab-penyebab yang sama. Yaitu, pada urutan pertama penyebab terjadinya kemacetan lalu lintas di Indonesia. Jika urutan pertama penyebab terjadinya kemacetan lalu lintas di Indonesia terutama di Pulau Jawa yang memiliki kepadatan penduduk tertinggi di negara kesatuan republik Indonesia ini maka ini adalah alasan paling rasional yang bisa diterima di akal pikiran saudara dan saya.

Ya, memang benar. Jika kita logikan saja jalan adalah sebuah sungai dan air adalah kendaraannya maka yeng terjadi adalah air akan luber kemana-mana bila debit air tersebut melebihi kapasitasnya. Inilah yang terjadi di kota-kota besar termasuk Jakarta, Surabaya, Kediri, dan kota-kota besar lainnya di Indonesia yang memiliki masalah setema.

Lantas apa yang bisa disolusikan atas permasalahan kemacetan lalu lintas di Indonesia yang dari tahun ke tahun kok sepertinya belum juga teratasi dengan baik.

Post a Comment

0 Comments